Apakah Donor Darah Haram Hukumnya?


"You don't have to be a doctor to save lives. Just donate blood." (anon)

Berawal dari ajakan gue kepada teman-teman disalah satu akun media sosial Instagram. 
Iya, awalnya karena gue melihat keinginan beberapa teman gue untuk donor darah akhirnya gue mengajak teman lainnya siapa tau ada yang berminat juga. By the way entah kenapa, postingan tentang berita artis dan update lainnya terdapat banyak respon. Tapi ketika postingan tentang "saling tolong menolong" mereka hanya bisa menjadi silent reader (Wallahua'lam. Hanya Allah Yang Maha Mengetahui).

Dan ketika ada salah seorang teman me-reply postingan dan langsung gue tanya apakah dia mau ikut serta, agak sedikit panjang lebar dia membalas DM dan intinya dia mendapat informasi oleh orang yang bisa dibilang ustadz bahwa donor darah itu haram.  

Wait. HARAM? 

What the hey banget dong gue.

Kaget sekaget-kagetnya kaget yang bikin gue sempet berfikir keras. Kenapa gue sekaget itu?
Pertama, gue belum pernah mendengar fatwa bahwa DONOR DARAH ITU HARAM (jadi selama ini gue ngapain?).
Kedua, kalau iya memang DONOR DARAH ITU HARAM lalu gue mengajak teman yang lainnya untuk ikut. Dosa gue berkali-kali lipat dong. Yekan?
Tanpa buang waktu, gue langsung search di Google. Dan berikut sumber yang gue dapatkan :


Masih banyak link yang sebenarnya mau gue cantumin, tapi toh isinya sama. 
Donor Darah itu diperbolehkan. Noted please... DIPERBOLEHKAN BAHKAN DIANJURKAN.

Haram apabila diperjualbelikan (mengambil keuntungan). Haram apabila merugikan si pendonor (membuat lemah, sakit atau hal yang merugikan lainnya). 
Daaaan donor darah untuk non-muslim atau lelaki kepada perempuan yang bukan mahrom (pun sebaliknya), hukumnya diperbolehkan malah dianjurkan karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk tolong menolong terhadap sesama.

Alasan lainnya adalah kekhawatiran bahwa darah yang kita donorkan tidak disampaikan kepada orang yang membutuhkan. Bisa jadi malah diberikan kepada pecandu darah. Huft~ *takeadeepbreath*

Gue pernah denger juga bahwa ada beberapa penipuan melalui lembaga-lembaga non-profit atau lembaga batuan lainnya whatever you named it.

Tapi coba deh kita pikir ulang lagi tentang konsep "Innamal a'malu binniat" bahwa segala amal itu tergantung dengan niat. Selain niat, amalan juga perlu ilmunya. Iya, kita boleh khawatir apakah sumbangan kita diberikan kepada mereka yang membutuhkan? apakah darah kita diberikan kepada orang yang benar-benar dalam keadaan kritis? dan pertanyaan apakah-apakah lainnya. But come on dear. Kalo kita merasa khawatir, merasa krisis kepercayaan, merasa tidak yakin untuk memberikan sedikit sumbangsih kita (yang kayaknya gak ada apa-apanya deh sama yang dikasih Bill Gates), terus kapan kita mau berbuat baik guys? (coba tanya hati masing-masing)

Allah itu nggak tidur, Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Kalau niat kita memang karena Allah dan menolong sesama. Kemudian kita mempercayakan salah satu lembaga (yang gue yakin Insya Allah amanah seperti PMI), yakin aja kalau bantuan yang kita kasih sampai ditangan yang tepat kok. 
Bagi umat Muslim pasti sering dengar deh bahwa Rasulullah bersabda : "sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain."

Disini gue tidak merasa bahwa gue adalah yang paling baik, sama sekali enggak. Gue terlihat baik juga karena Allah menutup aib-aib gue kok :(
Apalagi merasa paling bisa membantu banyak orang. Tapi gue cuma merasa sedih bahwa kepekaan terhadap sesama ataupun lingkungan sekitar itu masih sangat susah. Too many reason. Isn't about what ur religion or who are you, it's about humanity I thought :(

Buat teman-teman yang nggak bisa donor karena satu dan lain hal jangan merasa kecewa juga yaa, karena ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan buat menolong orang lain. 
Tulisan ini sebagai pengingat gue aja kok, dan informasi aja buat teman-teman yang pasti kaget juga ada yang bilang donor darah itu haram. Pelajaran buat kita (khususnya gue), bahwa kita harus tabayyun jika mendapat informasi. Selain pendapat itu gak masuk di akal gue, pendapat itu juga tidak memberikan alasan apapun yang menguatkan. Jadi gue juga baca satu persatu sumber-sumber link yang InsyaAllah dapat dipercaya kabsahannya. 


"If you give money, they will get food. If you give blood, they will get life." (anon)


Komentar

  1. ini saya baru denger kalo ada yg mengatakan bahwa donor darah itu haram. dari dulu saya diajarkan kalo donor darah adalah cara curang untuk dapat pahala tanpa repot. curangnya pun nggak dianggep pantas dihukum. seperti ilmu, jika darah kita bisa membuat orang kembali sehat, orgnya bersyukur dan melakukan ibadah, kita dapat pahala juga.

    sedangkan kalo org yg kita tolong dengan donor darah melakukan kejahatan, kita nggak dapet dosa, dan tetep dapat pahala menolongnya. keren kan donor darah itu.

    sayang, saya nggak bisa mendonorkan darah karena nggak mencukupi kriteria. pantesnya didonorin kata petugas PMRnya. T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gausah khawatir, masih banyak kegiatan sosial lainnya juga selain donor kok :)

      Hapus
  2. ah, aneh itu. dan pesan sih untuk pmi hrs bisa kerja melayani amsarakat dg baik,krn aku merasakan kesulitan mencari darah saat suamiku operasi, bahkan petugas di sana jutek dan acuh pdhl sy butuhkan darah, malah kalau mau bayar , ada kok yang mau donorkan darahnya, blablaaa. Alhamdulilahnay ada temen yang kenal baik dg org sana dan dpt tanpa perlu susah payah merengek dan mau dibayar askes, ahhhhh. Nah disitulah aku merasa, org2 di saan hrs peka dan bgmn kl klg sendiri digituin dan membayar dg hrg yang mahal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Aneh bgt pas denger ada yg bilang haram. Yg bikin sedih kan sering baca berita bahwa di PMI daerah sering kekurangan pasokan darah :(

      Hapus
  3. udh lama dengar soal donor darah haram atau tidak. Yang jelas saya gak boleh donor darah karena gak diijinin dokter karena suatu kondisi. Padahal pengen banget bisa donor darah setidaknya sekali gituu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi kalo mengganggu si pendonor (bikin sakit dsb) malah diharamin, karena menyakiti diri sendiri :)
      Donor darah bukan satu2nya kebaikan, mudah2an bisa melakukan hal baik juga selain donor :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H