HUT PMI ke-69

Hari ini di twitter ada salah satu akun following gue rame ngebahas HUT PMI yang ke-69. Gue sebagai salah satu pendonor yang masih aktif akhirnya ikutan nimbrung sama pembahasan tersebut.
Banyak yang nanya kenapa kita mau donor darah dan apa alesannya?
Actually, gue bingung kalo ditanya apa alasan mau donor darah. Karena gue pun nggak tau pasti apa alesan gue. Yang gue tau, dari dulu gue tertarik aja buat donor darah karena bisa bantuin orang lain. Gue nggak bisa bantu dengan materi buat bantuin orang lain, tapi gue bisa bantu dengan donor darah. Yang gue rasa sanggup buat ngelakuinnya.
Pengalaman pertama gue donor itu pas gue SMA. Waktu itu ada acara pensi tahunan di sekolah, dan anak PMR ngadain donor darah. Gue yang ngerasa memenuhi syarat akhirnya dengan antusias mau ikutan donor darah. Dari mulai usia, berat badan, tensi darah dan kesehatan semuanya pas. Akhirnya bisa donor juga (pikir gue dalem hati)..


Kata orang sih kalo abis donor pasti pusing lah, lemes lah, ini lah, itu lah dan berbagai macam lah lainnya. Alhamdulillah kalo gue enggak tuh, padahal gue sering banget yang namanya darah rendah. Mungkin tergantung niat kita kali yah. Eh tapi nggak ding, sebelum donor kita juga harus tau gimana fisik kita dulu. Segimanapun kuat niat kita buat donor kalo kesehatan tidak memungkinkan mending jangan coba-coba deh. Soalnya, ada temen gue yang ikutan gue donor darah, besoknya malah sakit. Kalo itu sih bisa karena faktor fisik dan kesehatan. Bukannya malah ngebantu malah dianya yang sakit. huft.
Gue inget banget itu acaranya akhir tahun 2011, pas gue kelas 3 SMA.
Setelah pindah ke Jakarta buat kuliah, gue malah nggak lanjutin donor karena nggak tau tempatnya dan nggak kepikiran juga.


Ketika masuk tahun 2013 ada hal mendesak yang ngeharusin gue pergi donor darah. Bukan gue sih, tapi ada lah "seseorang". Pas banget gue udah lama nggak donor dan dari situ keinginan donor darah muncul lagi. Gue cari info dimana ada acara donor darah. Eh ketemunya PMI pusat yang di Kramat. Dengan alasan buka 24jam dan nggak ada libur gue akhirnya pilih PMI pusat aja. Walaupun jaraknya lumayan jauh dari tempat tinggal gue yang ada di Jakarta selatan, setidaknya gue nggak usah pusing milih hari buat pergi kesana karena nggak ada libur.
Gue baru tau ternyata donor itu nggak dilakukan tiap bulan, melainkan tiga bulan sekali. Jadi gue balik lagi bulan April.
Kunjungan ketiga bulan Juli 2013 saat bulan puasa, kakak gue yang antusias juga buat donor akhirnya ikutan. Sebelumnya, dia donor di event atau tempat PMI berkunjung aja. Karena event tersebut ditungguin nggak muncul lagi dan nggak tentu adanya kapan aja, jadi kakak gue minta ikutan aja ke PMI yang jelas bisa rutin tiga bulan sekali.
Dari situlah kita bertiga selalu always dan never nggak pernah absen buat donor. For your information, golongan darah gue dan "seseorang" itu B dan kakak gue AB. Menurut data sih darah AB itu yang paling jarang dan susah ditemukan.


Kalo ada yang nanyain gimana rasanya donor dan kenapa mau rutin donor. Gue sih cuma bisa jawab ada kepuasan tersendiri setelah donor. Yah itu tadi seperti yang di awal gue bilang, gue mau bantuin orang lain dengan cara yang gue bisa lakuin.
Dan kalo kalian cari tau, selain bisa bantuin 3 nyawa dengan sekantong darah kita. Donor juga baik loh buat kesehatan. Diantaranya :
1. Menjaga kesehatan jantung
2. Meningkatkan produksi sel darah merah
3. Membantu penurunan berat badan
4. Mendapatkan kesehatan psikologis
5. Mendeteksi penyakit serius
Dan masih banyak manfaat lain yang bisa kalian temukan di Mbah Google :))


Ohiya, selama donor juga gue pernah 2 kali ditolak sama PMI :D pengalaman pertama ditolak cuma gue karena tensi darah gue rendah. Dokter nggak mau ambil resiko kalo gue sampe kenapa-napa, akhirnya gue nggak dibolehin buat donor. Owww gue sedih banget nggak bisa donor :(
Salah gue juga sih dari rumahnya nggak makan dulu dan kurang minum.. hehe. Jadi tanggung sendiri deh akibatnya. Pulang dari PMI gue langsung minta makan steak buat naikin tensi darah gue haha. Itu mah kesempatan dalam kesempitan namanya xD


Besokannya gue balik lagi dan lolos deh. Tensi gue pun kalo nggak salah naik 20 apa 30 gitu wk^^
Dan penolakan kedua itu pas bulan Juli kemaren gara-gara belum genap seratus hari atau lebih. Jadi syaratnya minimal seratus hari sel darah itu kembali normal. Kita bertiga pulang lagi dan dua minggu kemudian kita dateng lagi deh ehehe. Terlalu semangat atau maksa banget yaa mau donor wk~
Buat pembaca setia gue, gue cuma mau ngajakin kalian buat ikutan donor darah. Ingat, setetes darah kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan (tapi nggak setetes juga kali donornya hehe).



Komentar

  1. Salam kenal Mbak Aas...
    Menarik tulisannya, semangat sekali ya donor darahnya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe salam kenal juga mas dhicovelian :D
      Yah begitulah, udah ketagihan abisan ^^

      Hapus
  2. Aku selalu pengen banget banget donor darah, tapi udah 2x ngecek selalu kehambat cuma satu hal, hbnya kurang, duh padahal aku itu orangnya jarang sakit, makan banyak dan nggak darah rendah juga hihihi :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah sayang sekali ya mbaaaa, terus semangat ajadeh kalo gitu. kalo niat kita baik, Allah pasti bantu kok hehe :))

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H