Karena Mata Minus Ini, Gue Jadi Lebih Menghargai


Kacamata..
Ada apa dengan kacamata? 
Gue cuma pen sharing aja pengalaman gue yang ketergantungan dengan kacamata.
Gue salah satu dari milyaran orang yang memakai kacamata. Dan itu bukan hal yang aneh kan?!
Tapi buat gue, itu aneh.
Pertama kali pake kacamata dari tahun 2012, pas gue udah masuk kuliah.
Waktu SMA perasaan nggak ada tanda-tanda gue harus pake kacamata. Dan nggak kepikiran sama sekali dalam hidup gue. Katanya pake kacamata itu kan identik dengan kutu buku, hehe padahal bukan gue banget tuh.
Sebelum gue berkacamata, gue sering ngeluh ketika hari udah mulai sore, dan pandangan gue suka agak nge-blur gitu kalo liat sesuatu atau tulisan. Mama sih bilangnya cuma rabun ayam aja.
Bagi yang nggak tau apa itu rabun ayam, rabun ayam adalah keadaan dimana kalo udah sore si ayam itu suka rabun dan pandangannya kabur. Jadi.. kalo manusia kaya gitu juga, dinamainnya rabun ayam. Hehe nggak tau juga sih mama tau darimana.. gue mah iya iya ajaaa -_-

Sempet jamannya gue SMP, gue punya temen yang matanya udah minus dan kalo ngeliat sesuatu dari jarak jauh itu dia harus menyipitkan mata. Tapi dia nggak mau pake kacamata, karena dia bilang pake kacamata itu berarti "cacat". Dan dia nggak mau kelihatan "cacat" (mata minus).
Gue sempet agak kaget juga ngedenger pernyataan dia kaya gitu tentang mata minus. Emang separah itu yaa? *mikirkeras*

Masa SMP berlalu, dan berganti ke masa SMA. Salah satu temen deket gue udah minus parah, tapi nggak mau bilang ke orang tuanya karena takut. Jadi, ceritanya dulu waktu temen gue ini suka melakukan hal-hal yang bikin mata rusak, dia nggak mau denger. Sampe mamanya bilang "awas aja kalo matanya minus, mama ngggak mau tau."
Dan bener aja, dari awal ngerasa minus temen gue ini nggak mau bilang ke orang tuanya sampe si minus itu semakin parah. Sampai pada suatu ketika kita kelas 2 SMA, ada pelajaran Biologi dan memasuki bab panca indra. Waktu itu anak-anak sekelas di tes mata gitu sama huruf-huruf alfabet. Kala itu mata gue masih normal, dan otomatis temen gue ini nggak kelihatan sama sekali kecuali huruf E yang paling gede diantara yang lainnya. Karena Bapak guru itu temen orang tuanya temen gue (sesama guru) akhirnya dikasih tau lah bahwa anaknya itu (si temen gue) minusnya udah parah.
Dan nggak lama setelah itu temen deket gue ini pake kacamata. Katanya minusnya 4!!


Horor nggak coba tuh?! sekalinya diperiksa langsung minus 4 aja karena telat ditangani.
Hari berganti hari sampai pada suatu ketika gue udah duduk di bangku kuliah. Ada sesuatu yang janggal sama mata gue. Setiap gue liat papan tulis kok mata gue nge-blur gituuuu T_T

Akhirnya setelah beberapa lama gue ngeluh tentang mata gue, kakak gue maksa pergi ke optik buat periksain mata gue. Mumpung ada diskon, periksa mata plus kacamata katanya.
Gue yang masih inget kata-kata temen SMP gue kalo pake kacamata itu "cacat", jadi agak ragu buat periksa. Tapi kakak gue ngeyakinin gue, akhirnya gue mau juga.

Dan jengjenggggggg Desember 2012 fix gue pake kacamata. Syukurnya minus gue baru 1.
Awalnya nggak enak sih, pusing gimanaaaa gitu.
Lama kelamaan juga terbiasa karena keadaan gue menuntut buat pake kacamata. Ngeliat sesuatu (tulisan, muka orang, dll) yang jaraknya 1-2 meter aja udah nge-blur, jadi mau nggak mau dan suka nggak suka harus-kudu-mesti pake :(
Gue nggak mau terlalu mencolok buat pake kacamata tiap waktu. Gue cuma pake pas kuliah dimana gue harus nyatet dan ngeliat ke papan tulis.

2 tahun berlalu dan masih dengan kacamata yang sama. Alhamdulillah sih gue nggak harus ganti-ganti kacamata. Tau sendiri kan?! ada dua pendapat dalam hal berkacamata. Ada yang bilang kalo kacamata dipake terus itu minusnya bakalan nambah. Ada yang bilang malah jadi berkurang. Dan sebagainya dan sebagainya. Entahlah yang bener yang mana.

Tapi, beberapa bulan terakhir gue mulai jarang banget pake kacamata. Atau bahkan setiap harinya, selama nggak dibutuhin buat ngeliat yang jaraknya jauh nggak pernah gue pake. Walaupun gue pulang kerja sore hari menjelang magrib, gue lebih milih ngeraba-raba jalan. Padahal sebelumnya gue takut banget kalo suruh bawa motor pas magrib atau malem disaat nggak pake kacamata. Tapi sekarang gue nekat abis :D

Nggak apa-apa kok, nggak ada masalah. 
Mungkin gue cuma butuh berfikir, dan merenungi apa yang salah sama gue sampe harus pake kacamata.
Dulu gue paling susah disuruh makan wortel, dulu gue ngeyel dibilangin baca buku jangan sambil tiduran, dulu gue hobi nonton tv deket-deket. Dan banyak hal yang bikin mata gue jadi minus. 

Emang semenyakitkan itu ya?
Bagi gue sih iya.
Gue ngerasa berdosa banget karena nggak ngejaga apa yang udah Allah kasih ke gue. mata gue ini.
Waktu tau mata gue minus, gue rajin browsing apa aja yang bisa mengurangi minus atau bahkan mengobati. Salah satu cara pertama yaitu jangan ketergantungan sama kacamata. Jadi, kacamata itu dipakai sewaktu diperlukan aja. Gue juga harus makan makanan yang bergizi terutama wortel. Harus rutin liat pemandangan hijau seperti bukit dan sawah-sawah. Dan masih banyak cara alami buat ngurangin minus itu sendiri.

Karena mata minus ini, gue jadi lebih belajar menghargai semua yang ada di hidup gue, sekecil apapun itu. 
Karena itu adalah amanah dari Allah, yang kalo hal kecil aja nggak kita hargain atau nggak bisa jaga. Gimana Allah ngasih kepercayaan kita buat nitipin sesuatu yang lebih besar dan lebih berharga. 
Oke nggak tuh kata-kata gue? hhe 




Komentar

  1. Keren banget mengambil hikmah dari kejadian di sekitarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mudah-mudahan seterusnya begitu. manusia emang suka ngeyel. nunggu ditegur berkali-kali baru nyadar :))

      Hapus
  2. Makasih udah ngasih tau apa itu rabun ayam. Tadinya gue kira rabun ayam itu semacam penjaga kubur gitu #halah #apaini

    Btw, font headernya pake font apa? *pasang muka unyu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha iya kembali kasih, walopun perkiraannya jauh juga yaa :D

      header yg header judul blog itu ya? kalo judul blog pake dancing script *maklummasihnewbie

      Hapus
    2. Oke. *kemudian langsung bikin header sambil ngedance*

      Hapus
  3. keren memotifasi :D soalny gw males n malu pake kcmata jdi gg pernah pake kalo gg kepepet salam keluarga minus :v brcanda hehe

    BalasHapus
  4. Keren bangettt... sangat memotifasi
    http://www.ramuanleluhur.com

    BalasHapus
  5. Apa yang terlintas dipikiran lu ? Dari sebuah kacamata. Gua suka bgt, tapi mau tau kenapa lu nulis ini.

    BalasHapus
  6. Ditunggu ya novel cerita kehidupannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus bisa. Karna penggemar lu udah bertambah satu lagi skrg

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Awalnya ragu pakai kacamata, tapi setelah baca ini jadi gak ragu lagi. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Wah, ceritanya sangat bagus dan memotivasi. Saya juga mau tanya bagaimana cara memberitahu orang tua bahwa mata sudah minus? Saya takut bilangnya ke orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi kak aas aku bantu jawab yaa,menurutku sih nga perlu takut toh ini buat kesehatan kita sendiri,karna nga mungkin juga orang tua kita bakalan marah kalau anaknya sakit, kalaupun nanti nga dibilang kita juga yg rugi😊

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H