Selamat, Kamu Tidak Lagi Muda

Buat gue yang sekarang terbilang menginjak usia dewasa, ulang tahun adalah salah satu momen yang bisa dibilang "menyebalkan". Yeah, I was like "I wont remember this day! even I want to disappear for a while.."
Bagaimana tidak? Jatah hidup semakin berkurang, bilangan umur semakin bertambah, tapi belum bisa jadi apa-apa dan berguna buat siapa-siapa.
Nggak usah ngomongin berguna buat siapa dan kaya gimana dulu deh, buat berguna bagi diri gue sendiri pun rasanya belum. Dan itu yang menyebalkan menurut gue.
Tapi, ada tapinya. Disisi lain gue seneng dapet doa dari temen-temen gue, dari keluarga dan orang-orang terdekat. Dari temen jaman SD sampe temen kuliah gue. Coba, tema apa yang bikin lu ngobrol sama temen lama lu, selain ngucapin selamat ulang tahun beserta doa? Kayaknya gue pribadi sih nggak ada. Eh ada ding selain itu, ngucapin selamat menempuh hidup baru, heu (memasuki usia rawan ditanya kapan nikah)

Back to topic! pas momen ulang tahun juga, temen yang tadinya jarang ngobrol atau sekedar kenal tiba-tiba ikutan ngucapin (walaupun hanya sekedar lewat social media). Kalo gue sih seneng dapet doa orang lain. Semakin banyak yang doain, semakin besar kemungkinan doa itu dikabulkan.
Hmm.. ngomongin soal ulang tahun, gue bukan bermaksud mengikuti suatu kaum, tapi selagi ada yang doain baik-baik yaa gue cuma bertugas buat meng-aamiin-kan. Iya toh?
Walaupun gue tau perayaan ulang tahun bukanlah hal yang dicontohkan Rasulullah beserta sahabatnya. Tapi bagi sebagian orang, perayaan ulang tahun merupakan hal yang biasa terjadi dan bahkan ditunggu-tunggu. For give something or pray. Jadi buat gue pribadi, selagi perayaan itu nggak berlebihan dan mendatangkan doa dari temen-temen yang mau mendoakan gue sih it's ok. Tapi tetep yaa harus bermuhasabah juga, itu yang lebih penting.

Intinya sih, dari setiap momen yang dirayakan. Mau itu ulang tahun, tahun baru, hari-hari besar Islam (Ramadhan, Idul Fitri, dll) itu adalah Muhasabah, atau bahasa kitanya sih EVALUASI DIRI.
Yaps. Evaluasi sama apa yang udah kita lakuin selama ini. Evaluasi sama perilaku buruk yang harus diperbaiki, maupun perilaku baik yang mesti ditingkatkan lagi. Pokoknya, yang namanya manusia itu tempatnya lupa dan salah deh. Kalo nggak lupa nggak berbuat salah, MALAIKAT dong namanya. Nggak penting seberapa kali kita lupa dan berbuat salah, yang lebih penting yaa memperbaiki kesalahan itu dan janji nggak bakal jatuh di lubang yang sama. Itu.

Mudah-mudahan di usia yang bukan lagi remaja ini, gue bisa lebih baik dan lebih baik lagi. Dalam hal apapun, pendidikan, pekerjaan, terutama ibadah sama Allah yang udah ngasih gue kesempatan hidup sampe sekarang. Aamiin :)

Selamat, kamu tidak lagi muda..

Komentar

  1. jd, lg ultah ini ;)?? Happy birthday yaaa.. moga jd makin bijaksana di usia yg semakin berkurang :)

    anyway...aku jg gitu...suka galau tiap kali ultah... mikirin, di usia segini udh ngelakuin apa aja sih...dan ujung2nya jd panik krn ngerasa kok bgini2 aja sih idupkuuu -__-

    tp setidaknya, msh sempetlah utk berusaha jd lebih baik lg dan berubah di umur yg makin tua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhi iyaa. Makasih kunjungan dan doanyaaaa :3
      Ah iya, jangan ditanya deh gimana galaunya kalo inget itu. Setidaknya kita masih dikasih kesempatan buat berfikir dan berencana yg lebih baik kedepannya :))

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H