"Semua Berawal, Semuanya Harus Dimulai."

Semua berawal ketika rasa nyaman menjadi sayang, rasa benci menjadi cinta, rasa angkuh menjadi tunduk, rasa sok jagoan menjadi ketidakberdayaan. Aku mungkin tidak pernah benar-benar mencari tau semua hal berawal dari apa dan bagaimana. Namun itulah hidup, selalu memberikan misteri yang mau tidak mau kita harus mencari jawabannya sendiri. Terlepas dari keyakinan atau fakta yang ada, setiap jawaban pasti selalu ada kontradiksi. Entah itu karena tidak sesuai dengan harapan kita atau apalah itu. Yang aku tau hidup ini berawal ketika semua rasa tercipta dan bertemu menjadi satu. Bukan aku bermaksud sok tau tapi mungkin semuanya memang begitu, mungkin.

Berbicara tentang hidup, terlalu subjektif untuk memberitahu keyakinan yang aku miliki. Iya, tidak semua orang mempunyai pemikiran yang sama dengan apa yang kita pikirkan dan tidak semua orang merasakan apa yang kita rasakan. Sekali lagi, itulah hidup. Sederhana memang, tapi jika ditelaah ini terlalu sulit jika dibandingkan dengan soal Ujian Nasional. Bukan tentang mudah menjawabnya, tapi tentang betapa sulit menjalaninya. Makanya, aku rasa tak pernah ada yang namanya Ujian Tertulis Hidup. Simple but it's so complicated.

Namun sesulit apapun ujian kita, serapuh apapun hati kita, setidak berdayanya diri kita semuanya harus dimulai. Semuanya harus dijalani, semuanya harus dihadapi. Hidup tak pernah pilah pilih siapa yang akan mendapat tantangannya dan siapa saja yang akan lolos ujiannya. Hidup akan selalu begitu, menyisakan misteri dan pada akhirnya memaksa kita untuk berjalan meski sendiri. 

pict. from google

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H