The Rainy Days


Hmmm hari ini hari jum'at barokah, dari pagi sampai malem gini hujan terus mengguyur langit Jakarta. Tapi kayaknya bukan Jakarta aja deh, soalnya tadi kata mama waktu nelpon di rumah (Subang) juga sama ujaaaan mulu dari pagi.
Oiya menurut sumber yang gue telusuri tepat 17 Januari tahun lalu (2013) banjir Jakarta yang sampe Bundaran HI kerendem, Istana Presiden juga... Padahal selama ini separah apapun banjirnya Istana nggak sampe kerendem tapi.. ah sudahlah namanya juga bencana. 
Banyak yang bilang sih banjir ini ujian buat Gubernur baru Jokowi. Padahal setau gue yak dari dulu pemimpin-pemimpin sebelumnya sama aja banjir-banjir juga. Dari jaman Belanda malah hhe~


Nah.. udah deh nggak kerasa setahun berlalu gitu aja, dan sekarang banjir (lagi). Bukan cuma Jakarta tapi yang parah itu banjir bandang di Manado, gila aja sampe 6meter katanya... Bayangin rumah-rumah udah pada kelelep semua kayaknya. Pasti deh pasti...
Ini gambar yang gue ambil dari mbah Gugel >

Banjir Jakarta 2013

Banjir Manado 2014

Banjir Jakarta 2014

Banjir Jakarta, banjir Manado udah sampe jadi Trending Topic di Twitter deh dengan hashtag #PrayForManado #BanjirJakarta... Subhanallah..



Huffftt dulu gue nggak terlalu mikirin bahkan bisa jadi nggak peduli tentang berita kaya gini. Tapi sekarang, mau nggak mau gue ngikutin berita tentang info banjir dan kebetulan gue juga lagi sering maen Twitter (yang kita tahu beritanya update banget). Jadi tiap gue buka Twitter karena gue follow akun-akun berita jadi otomatis refleks gue ikutan baca. Selain karena Twitter, karena udah setahun lebih gue tinggal di JAKARTA meeen. Kota yang NGGAK PERNAH ada di list kota tujuan gue.. Orang rumah atau temen-temen gue yang nggak tinggal di Jakarta pasti nanya kaya gini "kebanjiran nggak?"..


Alhamdulilaaaaah enggak, Jakarta Selatan cukup aman dari bencana ini walaupun yah mungkin ada yang beberapa centi meter :3
Walaupun gue bersyukuuuur banget nggak tinggal di daerah rawan banjir o:)
Tapi kalo dibilang prihatin mah prihatin, dibilang sedih mah ya sedih.. Coba aja bayangin kalo kita yang ada di posisi mereka.. Rumah terendam dan harus berdesak-desakkan ditempat pengungsian. Apalagi mirisnya ngeliat anak-anak balita dan anak-anak sekolah yang meliburkan diri karena kebanjiran (gue ngebayangin kalo itu neng oi, adek guee hiks). Hal itu bukan sekali dua kali aja, Tapi rutin setiap tahun.. 


Kalo ngomongin banjir, siapa yang salah?
Salah pemerintah? salah masyarakat?
Semuanya punya tanggung jawab buat ini..
Karena apa? banjir itu bukan bencana yang seperti angin topan, tsunami, dan bencana yang "pure" datengnya dari Allah. Tapi banjir itu bencana "sebab-akibat". Yang dimana penyebabnya buang sampah sembarangan, menempati tempat yang harusnya nggak ditinggali seperti waduk. Sedangkan menurut penelusuran mbah Gugel fungsi waduk itu sebagai berikut :

1. Mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sehingga dapat menghasilkan listrik.
2. Sebagai penyedia air bersih.
3. Untuk irigasi yang diperlukan untuk mengairi sawah dan ladang.
4. Sebagai tempat rekreasi.
5. Tempat hidup habitat untuk ikan dan hewan lainnya.
6. Sebagai pengendali banjir dan sebagainya.

Kalo waduk dijadikan tempat pemukiman apa yang terjadi? Entahlah..
Pokoknya banyak deh penyebab terjadinya banjir dan itu nggak bisa cuma tanggung jawab pemerintah tapi kita sebagai warga juga mbo' ya jangan susah kalo diatur. 
Hmm.. emang susah sih ngerubah kebiasaan, apalagi kebiasaan ini udah dari jaman nenek moyang kita. 
Tapi nggak ada yang nggak mungkin ko, selama kita yakin selama kita juga langsung "action" nggak cuma cuap-cuap. Dan itu harus diawali dari diri kita sendiri :)
Jangan kesel sama banjir ini, jangan ngeluh sama hujan yang nggak henti-hentinya turun..
Kita nggak perlu marah sama alam, karena hal ini (bencana) terjadi karena alam marah sama perbuatan kita dear..

Komentar

  1. Bandungnya juga lagi awet berkahnya, dari pagi hujan udah ngerebut hak sang surya buat mejeng. Suhu makin bikin hipotermi, jadi betah bobo bareng selimut jadinya. Tapi Alhamdulillah ga ada banjir.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H