Menghadapi si Kepala Batu

On the night like this there's so many things i wanna tell you
On the night like this there's so many things i wanna show you
Cause when you're arround i feel safe and warm
Cause when you're arround i can fall in love every day
In the case like this there're thousand good reasons, i want you to stay..

Soundtrack film "Catatan Akhir Sekolah" dari Mocca mengalun dengan lembut dari hp gue. Filmnya, lagu-lagunya, semuanya.. gue suka.
Tapi, bukan itu yang mau gue ceritakan malam ini. Sama sekali bukan.
Jam 10 tadi sebenarnya gue udah ketiduran, sampe hampir memasuki dunia mimpi.
Suddenly, bunyi telpon masuk sampe membangunkan gue. Just short conversation and unimportant.
Dan membuat terjaga sampe sekarang. Jam 1 malam.

Dalam-keadaan-yang-tidak-jelas-mau-apa-ini, jadi inget tadi temen gue curhat tentang hidupnya di Jakarta.
Sebut saja mumun (nama disamarkan karena ditakutkan dia minta royalti). Si mumun ini cerita kalo dia udah cape banget nyari kerja kesana kemari. Nyimpen CV sampe di 15 tempat tapi nggak ada satu pun yang manggil dia buat kerja. Jangankan kerja, buat panggilan interview aja nggak ada -_-
Saking capenya dibilang suruh simpen CV dan nunggu panggilan, dia ampe bilang : "mba.. saya cape, saya nggak usah naro CV deh. Kalo ada kerjaan yang bisa saya kerjain saya bakal langsung kerjain."
Entah gimana reaksi mba-mba receptionistnya, yang pasti si mumun ini langsung di blacklist >,<

Gue sih cuma ketawa-ketawa aja dengernya. Bukan berarti gue menertawakan kesedihan dia, bukan. Gue lucu aja denger dia cerita dan liat tingkah putus asanya.

Ohiya salah satu alesan dia datang ke tempat gue mau minta bantuan nyari pinjeman buat beli voucher listrik kosnya. Karena malem ini kayaknya listrik bakal mati kalo nggak buru-buru diisi. Kebetulaaaaaan banget pas gue nggak ada sama sekali, selain uang recehan gue lima ribuan sama dua ribuan yang tersisa T~T

Akhirnya sesi curhat berlanjut.
Dia, dengan segala keluhannya. Dan gue, dengan ketidakberdayaan gue memberikan bantuan. Cuma bisa dengerin dan kasih advice aja.

Gue bilang "elu sih disuruh shalat tuh yak susah banget."
Eh wait, bukannya mau sok agamis dan sok bener, bukan. Karena gue masih jauh dari kebenaran :(
Tapi bukankah shalat itu wajib bagi setiap muslim baligh dan berakal? Kecuali kalo emang mau dibilang bocah dan "tidak berakal", shalat itu nggak wajib.
Jadi, kalo ada orang galau tentang seribu urusan dan sejuta masalahnya, gue cuma bisa menyarankan dia buat datang langsung ke Allah. Ke Maha Segala. Advice gue nggak yang muluk-muluk kok.

Tapi nggak semudah itu. Temen gue ini "batu".
Dia bilang kalo gue nggak usah bawa-bawa agama. Gue nggak usah ngomongin begituan.
Lah? gue cuma bisa diem, heran kok ada yak orang dikasih tau malah gitu -_-

Dengan agak gemes gue bilang "hey, tau nggak shalat itu perintah Allah yang langsung disampein ke Rasulullah. Dengan dibawanya Rasulullah ke langit ke tujuh, LANGSUNG ketemu Allah."

Temen gue jawab "udah udah, cerita yang kaya gini nih yang gue nggak suka dan nggak bisa masuk akal. Gue emang suka cerita perang-perang para pejuang Islam. Tapi kalo kaya gitu-gitu gue nggak suka. Kaya ada nabi yang dibakar nggak kenapa-napa itu nggak masuk akal gue."

Gue dengan cepet jawab "heh, agama itu bukan logika. Agama itu kalo dipikirin dengan akal nggak bakal masuk. Agama (Islam) itu tentang keimanan, kepercayaan."

Emang dasar batu, dia malah mengalihkan pembicaraan. Katanya ngomong sama gue nggak nyambung lah ini lah itu lah (._____. )

Dalam hati gue cuma bisa berdo'a supaya Allah mempermudah lisan gue buat menjelaskan apa yang gue tau.

Terus dia lanjut cerita, katanya "gue bingung, setiap gue ngelakuin hal kebaikan pasti gue apes. nggak tau kenapa, pokoknya apes deh."

"apes gimana?" tanya gue.

"pernah yah gue narik (angkot) malem-malem. terus ada ibu-ibu minta gue buat anterin ke Parung. Lah, angkot gue aja jurusan Ciputat. Gue juga nggak tau Parung, gimana mau nganterin. Si ibu itu cerita katanya duitnya ilang pas shalat di mushola. Gue nggak tega dengernya, akhirnya gue anter aja ampe Ciputat gratis suruh dia nyambung naik angkot berikutnya. Pas udah nyampe, gue niatnya mau ngasih ongkos ke ibu itu. Gue buru-buru ambil uang gue yang di tas karena ibu itu mau naik angkot berikutnya. Dalem tas itu kan ada uang recehan sama gedean, gedean cuma gocap sama ceban. Yang keambil malah gocap sama ceban. Dan nyampe rumah gue cuma kebagian recehan aja hasil kerja gue narik dari siang ampe malem. Padahal gue ikhlas tuh mau bantuin ibu-ibu tapi malah gue yang apes."

Gue katawa-ketawa miris denger ceritanya


"Terus pernah lagi. Ada ibu-ibu minta tolong bawain barang bawaannya. Si ibu itu mau ngasih gue uang, tapi gue tolak karena gue kan niatnya ngebantu. Akhirnya gue pergi aja. Eh gue kan abis ngelapin angkot gue yak, udah bersih tuh. Malah kaca depan mobil gue kena berak burung. Coba, masa abis gue berbuat baik gue apes mulu sih."

Gue ketawa geli lagi denger cerita dia.. x))

Entah mau komentar apa. Kalo gue pribadi sih akan berusaha berhusnudzon aja sama Allah. Pasti Allah punya rencana lain dari kejadian itu semua. Masalahnya kan susah ngomong sama orang yang mau jawabannya masuk logika -_- 
Anyone can help me???









Komentar

  1. Wah susah juga kalo mau menjelaskan ke orang yang ternyata masih meragukan islam itu sendiri. Mungkin langsung ditunjukkan saja ayat-ayat al quran untuk menjawabnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyaa makdartu saya bingung harus dg cara apa. coba dikasih contoh realnya aja nggak ngegubris -_-

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H