Nikah Muda?



Nikah muda?
Umm.. *lirikkanankiri*
Akhir-akhir ini gue sering baca entah postingan, status atau tweet tentang nikah muda.. Dan juga buku-buku tentang menikah muda #ihiy
Jujur yak gue bukan penganut paham ini (etdah bahasanya). Bukan karena gue nggak setuju atau anti, bukan. Tapi jauh aja pikiran gue tentang ke arah situ, apalagi diliat dari sifat childish gue hmft. Malah yah waktu tugas Pengembangan Diri bikin mind maping, rencana beberapa tahun kedepan "gue menikah di usia 27 tahun atau maksimal 30 tahun laah". Gila kan?! HAHA x)


Kenapa gue kepengen nikah di usia itu? Karena gue pikir, gue masih pengen kuliah - kerja - bahagiain keluarga - and d'ble and d'ble... dan di usia itu gue udah siap lahir batin pokoknya udah mateng dah #batingue
Karena gue dari keluarga yang bukan serba ada, jadi buat gue sebelum ngebahagiain keluarga.. gue nggak mau nikah dulu. Gue mau nyekolahin adek gue (neng oi) setinggi-tingginya, mau naik haji-in mama sama bapak, beliin rumah sama mobil buat mama sama bapak.. Pokoknya panjaaaaaang banget perjalanan gue menuju mahligai pernikahan ( ._.)/(-_-") euleuheuleuh..

Kalo mama gue sih nggak menuntut buat nikah muda atau nikah tua sih, tapi pasti nasehatinnya buat menata hidup dulu dan kalo bisa calonnya yang berkepribadian (mobil pribadi, rumah pribadi, perusahaan pribadi), berkecukupan (cukup buat beli rumah, cukup buat beli mobil, cukup buat travelling) dan memiliki latar belakang (halaman rumah) yang luas HAHAHAHA gokil kan mama gue mah -____-!!


Kalo ada yang bilang gue dididik untuk matre bisa dibilang betul juga sih hhe.. *justkidding :p
Tapi yah coba kalo hidup ini nggak matre? Beli beras pake uang, bayar sekolah pake uang, bayar listrik pake uang daaaan kecuali lu hidup di jaman pra-sejarah (purba) yang sistem pembayarannya adalah barter wk~ bujug pikiran gue udah ibu-ibu rempong yee~~~
Ah bukan matrealistis sih.. tapi REALISTIS..


 Gue pernah denger kata-kata ini :

"Kejarlah duniamu seolah-olah kamu akan hidup seribu tahun lagi, tuntutlah akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok."

Perbedaan pendapat dalam hidup itu wajar. Toh tujuan kita semua cuma satu yaitu "Akhirat".
Nah dari sini deh gue nggak terlalu muluk-muluk banget buat dapet jodoh yang mapan semapan-mapannya. Kan jodoh itu cerminan diri kita yak? Kadang kita terlalu sibuk mencari yang terbaik sampe lupa memperbaiki diri *tsaah
Jujur sejujurnya gue salut sama orang-orang yang memutuskan buat nikah muda karena ingin menjaga kehormatannya. Yaa antara sedih dan biasa aja sih karena gue belum jadi bagian dari mereka. Gue masih banyak mikir ini itu. Bukan tentang kesiapan mapan atau nggak, sama sekali bukan. Tapi lebih ke mikirin pendidikan, keluarga, dan karir. Dan setelah gue telaah manfaat menikah selain menjaga kehormatan, sunah rosul juga bisa menabung ibadah. Wah.. dari situ gue mengurungkan niat buat menikah di usia 27/30. Tapi yaa 25 lah hehe.. Beda-beda dikit sih, tapi namanya manusia cuma bisa berencana. Dan pada akhirnya Allaah yang menentukan..
Kalo ada jodoh yang pas lahir dan bathin yaa Alhamdulilaah, kalo enggak yaa mudah-mudahan disiapkan yang terbaik dari yang terbaik... Aamiin ^_^


Komentar

  1. tentang hadis "bekerjalah seakan-akan kita akan hidup 1000 tahun lagi" itu sebenarnya ada penafsiran lainnya mbak, tergantung darimana kita memandangnya.

    tulisannya bagus, mengalir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe iyaa kembali lagi ke diri kita masing2 :)
      Makasih yaa udah mau mampir di blog saya hhe

      Hapus
  2. Hemz... kalau ngebaca postingan yang kayak ginian aku terkadang senyum-senyum sendiri. Pernah juga aku dapat kata-kata, “kalau jodoh ngga mungkin ke mana, kita pasti bertemu di pelaminan, tapi sebagai tamu ya”.. ya, jodoh bagiku harus tetap diusahakan. Apakah cerminan apa tidak, aku tidak tahu betul. Namun aneh, terkadang orang baik tidak mendapatkan orang yang sebaik dirinya, buktinya kok masih ada kawin lintas agama. *emangnya kawin itu pakai perlintasan segala ya!! Hehehe

    Ups.. maaf kalau kalimatnya agak gimana gitu. Aku dukung dirimu menikah umur 27-30 tahun. Tapi apakah kamu ngga kasian liat anakmu masih begitu muda, sementara usiamu kelak sudah semakin tua. Perempuan idealnya menikah umur 23 tahun. Kalau lelaki sektiar umur 25 tahun menurut teori yang aku pelajari di kampus... *just masukan aja..

    Kalau ada salah kata, jangan di masukan ke hati ya. Masukin ke pkiran aja, biar bisa dipikir.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhe makasih banyak yaa masukannya, aku juga mikir-mikir lagi mas buat urusan beginian.. karena bagi aku atau siapapun pasti pengennya menikah sekali seumur hidup.. dan ngeliat dari kondisi kehidupan yang makin ruwet, banyak kebutuhan.. aku lebih mempersiapkan kematangan terlebih dahulu, karena aku pernah denger "lebih baik nikah tua, daripada nikah muda kawin cerai". hhe na'udzubillah yaa kalo sampe gitu. Nah kebetulan pendidikan aku kalo lulus baru sampe D3, pengennya sih lanjutin dulu sampe S1. Jadi biar lega aja tuntutan pendidikannya nggak setengah2 hhe..
      Sekali lagi makasih udah mampir di blog saya mas^^

      Hapus
  3. Pertama,
    "Kejarlah duniamu seolah-olah kamu akan hidup seribu tahun lagi, tuntutlah akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok." <-- ini hadits dhoif, hehe.

    Kedua,
    Bener sih, asal ada yg pas, nikah saja. mau umur 25, 27 atau 30. Menikah itu menjaga kehormatan, membuka rejeki, dan lain-lain.

    Semoga cepet bisa bahagiain keluarga, sekolahin adik, dll. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya: dengan menikah bukan berarti kamu ngga bisa ngebahagiain ayah-ibu, naik hajiin mereka, atau nyekolahin adik. justru ada yg ngejaga kamu malah, dan menikah membuka pintu rejeki. but it's yours. hehe.

      Hapus
  4. kalau nikah muda gara2 "kecelakaan", termasuk kategori yg mana ya? haha

    yah sebaiknya nikah jgn hanya siap materi dan mental. tapi siap untuk mendidik anak juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nggak ikut2an yaa hha, iyaa.. In Syaa Allah kalo udah ngerasa siap lahir dan batin mah.. Mendidik anak jg pasti siap :))

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H