Rumah..



Rumah..
Satu kata yang menurut prinsip ekonomi adalah salah satu kebutuhan primer. Karena memang pada dasarnya manusia itu perlu atau lebih tepatnya "butuh" tempat tinggal (read;rumah).
Yah walaupun ada istilah tunawisma yaitu sebutan buat orang-orang yang tidak mempunyai rumah *maaf. Tapi kan sesungguhnya dari jaman purba aja mereka punya rumah (didalam goa) walaupun nomaden (berpindah-pindah).
Kalo dibilang punya atau ngga, sejujurnya gue juga belum punya rumah ding. Kan gue masih numpang dirumah orang tua gue hehe. Tapi yaa anggaplah gue termasuk orang-orang beruntung yang punya tempat tinggal (read;rumah)
Rumah..
Rumah gue bukan termasuk rumah besar, mewah apalagi kaya istana-istana yang didalemnya ada lapangan bola, kolam renang, kebun, landasan pesawat pribadi and d'ble and d'ble.. (Itu bikin rumah apa bikin negara sendiri?!) -_-
Tapi emang ada kok rumah yang sebegitu megahnya sampe-sampe ada lift-nya segala.. Itu rumah selebriti dunia yang gue liat di acara tv.. (Gue ngebayangin gimana kalo gue nyasar buat masuk kamar sendiri).. Duileeeh saking super duper luasnya yaa..
Hmm rumah gue (read;rumah orang tua) sangat sangat sederhana, terletak disalah satu kampung bernama dukuh (kalo nyari di google maps lumayan susah sih haha). Sederhana tapi cukup nyaman buat gue. Dikatakan "cukup" karena kadang rumah gue berantakan karena ulah adek gue yg bisa dibilang masih kecil. Jadi yah, kalo ditanya nyaman nggak? buat gue cukup nyaman. Tapi belum jadi rumah idaman sih (pertanyaan acara tv rumah idaman kaliiii).
Nah setelah panjang lebar gue ngomongin rumah, apasih ide pokok atau tema yg bakal dibahas dalam postingan kali ini?
Okeoke, sorry gue udah ngalor ngidul mendeskripsikan rumah gue. Sebenernya gue mau membahas tentang fungsi rumah itu sendiri. Iya, fungsi.
Pada hakikatnya fungsi rumah itu buat tempat tinggal/tempat berlindung/tempat berteduh dan fungsi utama menurut gue tempat berkumpulnya keluarga. Coba bayangin deh punya rumah besar, mewah nan megah itu udah lebih dari cukup jadi tempat tinggal.. Tapi tinggalnya sendiri doang, ngga ada yang nemenin. Pasti JLEB deh. Udah mah kesepian, cape juga beresinnya HAHA. Nah, makanya buat gue yang saat ini tinggal jauh dari keluarga. Rumah adalah tempat gue kembali. Sejauh apapun gue pergi berkelana (merantau) *tsaaah* pada akhirnya akan kembali juga ke rumah.. Atau yang kita sebut "pulang".
Sekali lagi gue bilang, rumah gue dikampung itu sangat sangat sederhana, jauh dari kata mewah apalagi megah. Tapi buat gue, rumah itu tempat paling nyaman dan tempat yang selalu gue rindu disaat gue pergi merantau.
Dirumah, gue kumpul sama keluarga. Kehangatan keluarga gue-lah yang bikin rumah jadi nyaman. Yang bikin gue betah, yang selalu bikin gue berat melangkahkan kaki keluar rumah.
Rumah itulah saksi bisu perjalanan hidup gue dari kecil sampe segede gini. Disetiap sudutnya pasti ada kenangan yang tersimpan.
Pernah denger kan kata-kata ini "Rumahku, Istanaku". Menurut gue ini bener. Karena bagi sebagian orang.. sekecil apapun rumah mereka, sesederhana apapun rumah mereka tapi itu tetep akan jadi istana mereka. Kecuali yah emang ada sih orang yg nggak betah dirumah, tapi kalo gue pribadi rumah gue yaa istana gue. Bagaimanapun keadannya, apapun bentuknya, gue selalu dan akan selalu merindukan tempat ini.. Rumah.

Komentar

  1. Rumah: ide kreatif Aas...
    Tempat berlindung jasad, ketenangan tempat berlindung jiwa.
    Hhehehe


    Salam kenal,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mau mampir hehe, salam kenal juga mas :))

      Hapus
    2. okey!! terimakasih banyak ya juga udah mampir di blogku.. hehe

      Hapus
  2. Seperti film "Manusia Setengah Salmon" yang bercerita tentang rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyaa pernah baca dan seru abis.. Tapi postingan kali ini terinspirasi dari pengalaman saya yg abis "pulang" ke rumah hehe..

      Hapus
  3. Rumah bagi saya bukan cuma bangunan untuk ditinggali, tapi tempat saat saya menemukan kata 'pulang' ketemu Bapak sama Ibu, main sama adek, ngobrol-ngobrol, makan malam bareng. Duh, ini yang selalu saya kangenin setiap kali harus sekolah ke luar kota :))

    Baru pertama kali ke sini. Salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih mending kalau cuma luar kota, bagaimana kalau luar negeri yang bertahun-tahun enggak pulang.

      Iya, ini kunjungan yang pertama *eh kedua :)

      Hapus
    2. @ashima : iya mbaa, suasana itu yang bikin rumah jadi lebih nyaman dibandingkan istana-istana di seluruh dunia sekalipun.. "Pulang" adalah hal yg paling ditunggu buat siapa-siapa yg merantau hehe

      @lutfi : iyaa, tapi tetep aja kalo yg namanya kangen mah hehe..

      Makasih semuanya udah berkunjung ke tulisan yg ala kadarnya ini :))

      Hapus
  4. home sweet home :) tak ada tempat yang paling nyaman untuk kembali, selain rumah sendiri :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapss bener banget :) wajar bagi setiap orang, rumahnya adalah istana baginya..

      Hapus
  5. Rumah tu ya rumah, hehehe..
    Nggak penting semewah rumah, asal rumah bisa melindungi kita dari panas dan hujan, dan terdapat kehangatan keluarga di dalamnya, itu udah cukup :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah fungsi rumah sesungguhnya :) kehangatan keluarga didalamnya yg bikin betah :))

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H