Lolos Dari Penipuan!

Dua minggu terakhir gue sibuk nyari info lowongan kerja. Iya, gue berniat buat pindah kerja. Niatnya sih gitu, tapi Allah berencana lain. Berkali-kali gue kirim CV dan lamaran, berkali-kali juga gue dapet balesan dari komplotan penipu. Buat yang bernasib kaya gue lagi cari kerjaan, waspadalah waspadalah.
Banyak banget perusahaan abal-abal yang pasang iklan di media online. Nah itu, gue cuma bermodalkan internet aja cari info loker. Pokoknya ini juga sekalian sharing aja sih. Kalo perusahaan yang bales surat lamaran kita via sms dan meminta biaya itu jelas-jelas penipuan. Dan hari ini adalah penipuan kesekian yang gue terima di dua minggu terakhir. Kemarin-kemarin sih standard aja nipunya. Masih via sms atau kadang email. Biasanya gue cek dulu keabsahan perusahaan atau alamatnya lewat mbah google.
Kali ini gue hampir aja terdampar di pulau seberang. Soalnya email yang gue dapet tadi pagi tuh lumayan meyakinkan dengan lampiran surat resmi PT yang gue tuju. Sebut saja PT Chevron.
Widiw, siapa sih yang nggak tau perusahaan sebesar itu. Perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi itu tiba-tiba kirim email ke gue. Nggak tiba-tiba juga deng. Pas cek sent email, gue emang kirim CV dan beberapa lampiran ke PT Chevron tanggal 21 Desember. Baru bales hari ini 24 Desember.
Antara kaget, seneng, nggak nyangka aja pokoknya. Kok bisa secepat ini doa gue terkabul (walaupun Allah sebenernya bisa mengabulkan doa hamba-Nya dalam hitungan detik). Tapi gue masih nggak nyangka aja. Gue baca suratnya dari awal sampe akhir. Gue pikir kan beneran. Pake ada materai 6000 segala.
Yang bikin panik adalah, gara-gara tempat seleksi di Pekanbaru Riau. Daripada panik sendiri akhirnya gue bangunin kakak gue buat ngeliat surat itu. Kakak gue juga sama sih percaya nggak percaya kaya gue. Tapi ya itu, hampir sebagian besar berkeyakinan kalo itu beneran.
Kakak gue langsung nyuruh telepon orang bagian ticketing yang bertanggung jawab atas biaya akomodasi dan penginapan. Totalnya 4.350.000.
Nah di surat bilangnya kalo biaya itu bakalan diganti sama perusahaan, lulus ataupun tidak lulus. Kakak gue santai aja dong, cuma sibuk nyari pinjeman aja dulu (nanti juga diremburs). Kakak gue ngehubungin temen kepercayaannya buat pinjem biaya yang tadi disebutkan, karena gampang dia bisa e-banking. Sekalian juga minta cek surat itu beneran apa nggak.
Ditelpon berkali-kali nggak diangkat juga karena masih pagi dan dia masih tidur pastinya. Akhirnya gue juga telpon orang rumah buat ngasih tau kabar ini. Ya entah itu mau pinjemin apa enggak, yang penting ngabarin dulu. Akhirnya gue duluan yang telponnya diterima.
Dan setelah denger kabar tersebut, betapa dahsyatnya kasih sayang orang tua. Buat kebutuhan anaknya, pasti adaaaaaa aja.
Di rumah, mama udah siap-siap buat pergi ke bank. Tapi temen kakak gue akhirnya angkat telpon juga. Daripada bikin mama repot pergi ke bank yang jaraknya lumayan jauh dari rumah. Akhirnya kaka gue ngasih tau nggak jadi biar lewat temennya aja.
Dari gelagatnya sih dia (temen kakak gue) nggak percaya dan menemukan beberapa kejanggalan dari surat tersebut. Sebelumnya kan gue udah forwardin emailnya.
Nah setelah dicek kok? Email dikirim jam 3.50am. Dan itu jelas bukan jam kantor. Kemudian materai yang tertera itu keliatan banget nggak asli scan. Materainya kaya background gitu deh. Dan kok bisa tesnya sampe harus di Riau gitu. Setau dia kan pusat PT Chevron di Jakarta.
Dari beberapa keraguan temen kakak gue. Akhirnya gue mulai mendaratkan kembali mimpi gue pelan-pelan (slow down baby). Dan langsung googling tentang PT Chevron.
Eits. Bener aja kan, ternyata PT Chevron tidak pernah bekerja sama dengan agen tour and travel tertentu untuk memberangkatkan calon peserta (seperti surat yang gue terima), dan lagi PT Chevron tidak memungut biaya kepada calon peserta (gue diminta cepet-cepet bayar biaya tersebut diatas supaya tiket nggak keburu keabisan katanya), dan lagi email yang ngirim email ke gue itu nggak sesuai sama PT Chevron yang asli.


Akhirnya gue berfikir realistis dong. Gue juga nggak kecewa-kecewa banget lah, malah bersyukur dikasih tau sebelum gue melangkah lebih jauh. Gue langsung ngasih tau kebenarannya sama orang rumah kalo itu cuma penipuan. Dan syukurnya gue punya mama yang selalu support gue. 

Tapi selain penipuan-penipuan itu gue juga pernah kok interview di perusahaan beneran. Sayang guenya aja yang terlalu pilih-pilih cuma mau kerja di back office atau bagian admin. HA~
Pernah juga ding gue ditolak gara-gara pendidikan masih SMA. Padahal itu lumayan loh jadi call center HSBC. Huft~ Minimal harus D3 siiiiiih
Selain HSBC pernah juga interview di UOB. Bank Singapore meeen. Tapi sayang jadi direct sales. Gue nggak ada jiwa sales atau marketing deh -_-
Jadi buat apa ambil kerjaan yang nggak gue suka kan. *mengihiburdiri*


Balik lagi ke cerita penipuan tadi, gue bersyukur Allah masih melindungi gue. Allah mengelilingi gue dengan orang-orang baik dan peduli sama gue. Itu sih yang jadi hikmah dari setiap cerita kegagalan. Dari proses yang kita jalanin. Selama kita ada di bawah, bakalan keliatan siapa aja yang ada terus disamping kita.
Buat yang lagu usaha kaya gue, SEMANGAT! :) 


Yang namanya usaha memang selalu melelahkan. Mungkin ini saatnya untuk rehat sejenak.
Long weekend starts in 3..2..1 Wohooooooo!!


Komentar

  1. Untung saja gak jadi korban penipuan :')

    BalasHapus
  2. wah bisa dijadiin pelajaran buat nanti kalo nyari kerja deh :o semoga cepet dpt pekerjaan yg sesuai yaaaa :D

    BalasHapus
  3. Wah ini masih SMA? Hebat perjuangannya. Banyak kok daftar perusahaan penipu di kaskus. Gue juga sempet kena. Bukan disuruh bayar sih, tapi ngibul soal jabatan gitu. Untung aja gak jadi ikut interview. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ding. Itu maksudnya pendidikan aku cuma sampe SMA. Sekarang gue kuliah, tapi mau nyambi kerja. Otomatis ijazah terakhir SMA kan hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H