8 Ramadan 1443/2022

Hari kedelapan puasa, dan gue sedang berada di Jakarta untuk suatu keperluan. Kembali ke kota yang punya banyak kenangan dan mendewasakan gue selalu bikin gue flashback di setiap sudut kotanya. Terlebih lagi, keperluan ini menempatkan gue di daerah Jakarta Selatan, yang hampir 9 tahun tempat gue tinggal. 

Jakarta selalu mengingatkan gue tentang banyaknya kisah sedih maupun senang di dalamnya. Walaupun love-hate relationship, pasti ada rasa kangen setiap gue sedang berada di kota lain. Dari Jakarta gue belajar, bahwa sepahit apapun hidup harus tetap dijalani. Berkali-kali gue jatuh terjerembab, tapi berkali-kali juga gue bangkit dan memulai kembali. Jakarta mengajarkan bagaimana gue berdiri di kaki sendiri dan belajar tanpa orang lain. Ketika gue mengingat bagaimana kerasnya Jakarta menempa gue, di situ pula ingatan lainnya “bagaimana tetap hidup waras” merangsek ke dalam pikiran gue. Kalau gue tidak pernah tinggal di Jakarta, mental gue tidak akan sekuat sekarang.

Dari ingatan-ingatan tentang Jakarta itulah gue belajar lagi, Tuhan selalu membawa gue ke dalam proses pendewasaan dengan cara terbaik-Nya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H