Koala Kumal. Menurut Gue...

Akhir Desember lalu, buku yang gue tunggu-tunggu akhirnya dateng juga. Yaps.. gue nggak sabar nungguin buku terbarunya Raditya Dika, Koala Kumal. Karena terbit di toko buku 17 Januari 2015 dan masih lamaaaa, jadi gue ikutan PO disalah satu tempat pembelian buku online yang ditunjukkan langsung oleh bang Dika (sok jadi adek, panggil bang wuuuu).
Pre-Order Koala Kumal mulai 15-25 Desember 2014. Pemesanan dibuka pukul 00.00 WIB. Yang bikin menarik untuk pembelian pre-order itu dapet tanda tangan sama kaos Koala Kumal. Tapi kaos cuma buat 1000 pembeli pertama sih. Tiga orang beruntung bisa jalan-jalan sama Raditya Dika ke kebun binatang Ragunan. 
Sayang banget sehari sebelumnya gue habis ada acara sampai tidur nyenyak dihari itu. Padahal udah dari bulan sebelumnya gue bikin reminder ditanggal tersebut. 
Setelah gue cek toko buku online-nya, ternyata kaos sudah habis. FIX KEHABISAN. Alias diwaktu semaleman ada ribuan orang juga yang PO. Huft, gue cuma bisa pasrah aja deh nggak dapet kaos. Jangankan bisa jalan-jalan ke Ragunan, kaos aja nggak kebagian. 
Tadinya sih gue udah pen nungguin sampe terbit di toko buku aja, tapi semakin lama nunggu gue semakin penasaran. Akhirnya beberapa hari kemudian gue pesen buku Koala Kumal juga via online.
Setelah proses ini dan itu selesai, gue tinggal tunggu bukunya nyampe deh.
Dan 31 Desember 2014 (setahun lalu wk~), bukunya sampe juga ditangan gue. Seneng banget dong yaa, nggak apa-apa deh nggak dapet kaos.. lumayan dapet tanda tangan juga T~T *menghiburdiri*
Sebelum baca buku yang gue tunggu selama dua tahun itu, gue udah bayangin gimana lucunya dan bakal sakitnya perut gue. Dengan yakinnya gue cepet-cepet baca buku itu AND U KNOW WHATTT??
Gue ngerasa di PHP-in sama buku ini. 
Jauh dari ekspektasi gue, ternyata buku ini nggak SE-LUCU yang gue bayangkan selama ini. Gue salah satu dari jutaan followers Raditya Dika. Salah satu dari jutaan pecinta Raditya Dika dan film-filmnya. Salah satu dari jutaan penikmat Stand-Up Comedy-nya. Salah satu dari jutaan fans Raditya Dika dan buku-bukunya. Berawal dari Manusia Setengah Salmon yang gue baca 2012 lalu. Gue jadi suka banget sama kekonyolan bang Dika. Gue beli satu persatu bukunya, dan sampai lengkap semua koleksi gue.

Back to topic, buku Koala Kumal ini nggak jauh beda sama buku-buku bang Dika sebelumnya. Karena memang, bang Dika selalu bikin buku dari kisah nyatanya yang super absurd. 
But sorry to say, kali ini beneran garing. Entah karena gue udah hapal semua lawakannya bang Dika atau emang mood gue lagi "jelek banget" sampe dikit banget gue ketawa baca buku ini. 
Jujur, buku bang Dika selalu sarat akan filosofi tentang nama hewan yang dia bikin judul buku. Dan gue SALUT untuk itu. Selain tentang filosofinya, gue juga suka kisah-kisah kegagalannya yang selalu terselip diksi keren didalamnya.
Tapi kalo buku ini memang genre komedi, gue kurang dapet komedi itu. Sorry :(

Ngomong-ngomong soal garing, bukan baru kali ini aja sih menurut gue. Sebelumnya ada Babi Ngesot, Radikus Makankakus, Marmut Merah Jambu, menurut gue nilai komedinya cuma skala 50 dari 100. Yaps, nggak selucu Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, sama Manusia Setengah Salmon.
Gue tau, bikin komedi dalam sebuah tulisan itu SUSAH. Gue aja belum bisa. "BELUM BISA". Jadi menurut gue, wajar aja kalo buku Raditya Dika juga ada kalanya bisa lucu banget, lucu aja, atau garing banget.

Mungkin gue emang nggak "ngena" dicerita komedinya, tapi gue dapet sesuatu dibalik itu.

Satu kata buat orang yang pernah patah hati, dewasa. (Mama Raditya Dika)

Well, buat kalian pembaca buku Raditya Dika yang udah lama nunggu juga. Selamat membaca KOALA KUMAL.


This is my opinion yaa. Kalau ada yang nggak setuju sama gue, itu wajar. Namanya juga selera :)

Komentar

  1. kurang dapet ya komedinya? padahal gw udah nunggu lama nih buku :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, karena gue baca semua bukunya. jadi agak garing gitu ._.

      tapi siapa tau beda pendapat kalo baca sendiri :)))

      Hapus
  2. Gue sih cukup enjoy dengan buku "Koala Kumal" ini. Mungkin karena gue juga belum pernah baca buku Raditya Dika, kali, ya?
    Kalau review gue, sih, kayak gini.
    Review Buku Koala Kumal (oleh Raditya Dika)

    BalasHapus
  3. Blm baca...jd blm bisa komen :) ntr mW nyari ah...aku jg penggemar berat Raditya Dika tp slama iNI lbh suka nonton malam minggunya Miko aja drpd baca bukunya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H