SNMPTN.. Harapan Yang Sempat Hilang

Katanya hari ini pengumuman SNMPTN undangan yaa. Buat siapapun yang udah keterima "Selamat yaa, kamu beruntung" buat yang belum keterima "Sabar, masih ada SNMPTN tulis kok. Masih banyak jalan menuju PTN"..
Ah iyaa kalo suruh milih nostalgia sama kisah ini 2 tahun lalu kayaknya gue lebih milih nggak mau deh, soalnya gue "gagal" hihi. Perasaan, gue udah sering ngebahas tentang kegagalan gue yang itu deh x))
Tapi nggak apa-apa lah yaa buat sharing pengalaman aja. Jadi siapapun itu yang nggak keterima dengan dapet ucapan "Anda belum berhasil, cobalah tahun depan" gue adalah salah satu orang yang bakal ngerti banget perasaan elo! *tanganmengepal*


Terlepas dari ujian terberat bagi gue kala itu, gue udah nggak punya semangat hidup lagi. Gue udah terlanjur berharap lebih dan percaya 99% kalo ada dewa keajaiban yang bakal bikin gue lulus. That's why gue kecewa maksimal. It hurt me so bad..

2012
waktu itu gue nggak punya tujuan jelas abis lulus sma mau kemana. karena anak-anak rame dateng ke ruang BP buat konsultasi baiknya lanjutin kemana, akhirnya gue pun ikut-ikutan deh kesana. gue selalu punya mimpi buat bisa jadi anak kuliahan yang nggak usah pake seragam kaya di tipi, sambil bawa binder/file di tangan terus asik aja gitu punya panggilan "mahasiswa". mimpi itu terlanjur gue rangkai ketika temen gue bilang kalo sekolah gue punya hubungan baik dengan kampus IPB. setiap tahunnya pasti ada siswa/i yang keterima di IPB. akhirnya dengan bermodalkan nekat dan ikut-ikut temen, gue daftar di IPB dengan jurusan manajemen hutan. Karena waktu itu gue masih bermimpi jadi anak pecinta alam sampe kuliah (walaupun agak ga nyambung alesannya, cuma sama-sama menangani tentang hutan). selama beberapa bulan terakhir gue sibuk ngurus surat keterangan ini itu dari kantor desa sebagai persyaratan mengikuti SNMPTN undangan. Alhamdulillaah sih gue termasuk ke dalam siswa/i yang bisa ikut serta dalam SNMPTN udangan. artinya nilai rapot gue terbilang bagus. Mama jadi orang yang paling antusias sama keinginan gue itu, beliau pun yang sibuk ngurus surat ini itu ke desa. Karena gue dari keluarga yang bukan menengah keatas, gue ikut program bidik misi (beasiswa) dan harga pendaftarannya pun beda agak lebih murah. dengan bermodalkan percaya 99% gue selalu menanti-nanti pengumuman itu. sebelum pengumuman gue juga denger cerita-cerita motivasi dari kakak kelas gue yang udah keterima disana. dia cerita kalo apa yang dia dapet itu karena faktor keberuntungan, karena sebenernya dia bukan anak yang pinter-pinter banget dikelas. rankingnya aja masih mendingan gue kali. sebelum dia keterima di IPB, dia keterima di perusahaan Wings (sekolah gue juga ngadain tes kerja buat yang pengen langsung kerja). nah, ketika dia udah kerja seminggu/dua minggu ternyata dia dapet kabar keterima di IPB padahal dia udah pasrah aja nggak berharap lebih. udah deh akhirnya dia lebih milih lanjutin kuliah. dari kisah inspiratif itu gue makin terinspirasi dan makin percaya kalo dia aja bisa dapet keberuntungan itu, gue juga bakal dapet. tapi kepercayaan gue luluh lantak, hancur minah, pecah berserakan, ambruk tak berwujud setelah pengumuman SNMPTN undangan dibuka. yang pertama ngasih tau temen gue, karena gue repot nggak ada jaringan internet dan harus ke warnet dulu. setelah denger permintaan maaf dari temen gue yang lihat hasil pengumuman akhirnya gue pilih buat buka sendiri hasilnya. dan hasilnya sama persis yang temen gue sampein. katanya gue diminta buat nyoba tahun depan. gue nggak tau apa yang ada di pikiran gue waktu itu selain kecewa, kecewa, dan kecewa. kecewa karena hancurnya harapan gue, kecewa karena harus menyia-nyiakan perngorbanan mama yang udah bolak-balik ke desa buat ngurus persyaratan tersebut. gue malu sama diri gue sendiri yang udah berharap terlalu tinggi, dan gue malu sama mama. ya Allaah rasanya tubuh gue hampir luruh ke tanah. gue nggak langsung nangis depan layar monitor, gue nangis setelah mengunci diri di kamar dan meretapi nasib yang nggak seberuntung kakak kelas gue atau 4temen gue yang keterima. entahlah gue iri atau apa. yang pasti gue kecewa banget waktu itu. kecewa sama Allaah, kecewa kenapa bukan gue. kekecewaan itu berdampak pada kesehatan gue, yang ternyata langsung drop. baru kali itu gue merasakan sakit hati yang teramat sangat yang bikin gue males ngapa-ngapain. jangankan buat makan, buat sholat sekedar mengadu sama Allaah aja gue nggak mau lakuin. sampe-sampe mama sama bapak prihatin ngeliat keadaan gue. mereka nggak banyak berkata apa-apa sama gue. mereka cuma bilang "sabar, belum rejeki. kan dede yang sering bilang rencana Allaah lebih indah..". gue lupa akan semua kata-kata motivasi yang terkumpul rapi dalam buku gue maupun video motivasi dalam laptop. gue lupain semuanya. ada yang bilang "banyak jalan menuju roma." (halah iyaa gue tau, saking banyaknya gue gatau harus milih jalan yang mana kaan). setiap kata-kata motivasi yang gue denger gue telan mentah-mentah. gue pikir mereka bisa bilang gitu karena mereka nggak ngalamin kaya gue. yang gue bisa lakuin cuma nangis kaya orang patah hati (patah hati pun nggak separah itu efeknya buat gue). lebih tepatnya gue patah harapan. lalu apa yang orang bisa lakukan jika harapan saja ia tak punya? sedangkan harapan adalah modal terakhir yang dimiliki manusia kan.
masa kelam gue nggak berlangsung lama. keluarga, teman dan sahabat menghibur gue. kurang lebih 3 hari setelah itu gue mulai menata harapan gue yang hancur berkeping-keping. mulai menata hati gue yang entah lubangnya menganga sebesar apa. gue berusaha hidup normal dengan menghibur diri gue sendiri "ah masih banyak kok temen yang ga keterima juga. bahkan anak yang punya IQ teritinggi seangkatan gue pun  nggak keterima. nah loh apalagi gue yang biasa-biasa aja haha"
gue mulai memupuk harapan gue satu demi satu. akhirnya gue ikut SNMPTN tulis bulan juni. nggak ada yang gue persiapkan menuju SNMPTN tulis. semuanya gue serahkan sama Allaah, tanpa ada usaha belajar, bimbel dan sebagainya. gue berkata dalam hati "kalo rejeki pasti keterima, kalo nggak yaudah gapapa." dan hasilnya seperti dalam bayangan gue, tes ini lebih sulit dengan soal-soal yang diluar nalar manusia. gue dan temen-temen gue akhirnya kembali menelan pil pahit kedua kalinya. tapi nggak ada rasa kecewa seperti sebelumnya. artinya gue bisa lebih ikhlas. dari pengalaman tersebut gue bisa liat siapa yang bener-bener peduli sama gue. terlepas dari orang tua, kakak yang selalu support gue. ternyata masih ada sahabat sejati yang ada buat gue. dan tentu ada Allaah yang lebih tau rencana terbaik buat gue.

Setelah dua tahun berlalu gue udah lupa sama rasa kecewa itu. Gue punya harapan baru, mimpi baru dan gue punya kesempatan baru yang mungkin nggak bakal gue dapet ditempat yang gue mau. Walaupun sekarang gue belum bisa buktiin hasil apa yang gue dapet, at least gue punya harapan. Harapan yang satu hilang, dan gue akan tanam seribu harapan baru. Yah, karena bagi setiap manusia harapan adalah kunci terakhir ketika dia sudah tidak mempunyai mimpi atau bahkan kesempatan. Tapi yang namanya harapan, tidak akan pernah mati. Harapan akan selalu ada bagi setiap orang yang ingin memilikinya. Terlepas dari orang yang beruntung atau tidak, harapan tetaplah harapan. Dia akan selalu menggantung didepanmu, didepan kalian, didepan kita semua.

Ada salah satu temen gue bilang : "Hati tidak akan terlalu parah patahnya, kalau jatuhnya tidak terlalu keras. Harapan tidak akan terlalu menyakitkan, kalau terbangnya tidak terlalu tinggi."

Iyaa yaa bener juga. Dari pengalaman itu gue belajar kalo punya harapan boleh, tapi jangan berlebihan. Terserah mau berlebihan, asal mau nanggung apa akibatnya. Syukur-syukur kalo kesampean, kalo enggak? yaah wallahu a'lam deh :))
Ada yang bilang "gantunglah cita-citamu setinggi langit." Lah? kalo menggantung setinggi langit itu jangankan diwujudkan, untuk menggapainya saja kita kesulitan toh.
Jadi menurut gue "gantunglah cita-citamu setinggi kemampuan usaha dan doamu." Kalo usaha dan do'a maksimal In Syaa Allaah kok semua berjalan seperti semestinya. Aamiin..
Kata kakak kelas gue : "sesuatu yang indah nggak berawal dari sesuatu yang mudah dek."




Komentar

  1. rencana Allah selalu lebih indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa lebih indah dari rencana kita pastinya :)))

      Hapus
  2. Sabar dek sabar :)) percayalah ada rencana tuhan di baliknya :)

    BalasHapus
  3. makasih udah share pengalaman SNMPTN motivasi buat ku :) #Semoga di terima AMINN

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H