Berkunjung Ke Monumen Pancasila

Monumen PANCASILA

Nih tadi gue ke monumen pancasila daerah Jaktim, akhirnya kesampean juga berkunjung kesana..
Udah lama gue penasaran banget pen liat gimana sih bentuknya lubang buaya, tempat berkumpulnya buaya kah? Apa tempat penangkaran buaya kah? atau apa? 
Saksi-saksi bisu kebengisan PKI dan tempat yang dijadikan basecamp PKI. Apalagi setelah ada temen gue yang baru-baru ini jalan kesana.. Makin penasaran dah gue, dan baru hari ini gue ada kesempatan bareng monyong pergi kesana pamparampampam..
Aseli merinding pas gue keliling-keliling rumah PKI, ngeliat-liat patung rekontruksi, terus ngeliat lubang buaya yang itu entah lubang apaan mungkin sumur atau apalah sempit gitu dan mayat-mayat dibuangin kesitu terus ditembakkin..
Ini ada beberapa gambar buat yang belum pernah berkunjung kesana..

Lubang Buaya
 Disitulah tempat pembuangan mayat-mayat, para pahlawan revolusi..

Patung Rekontruksi Penyekapan dan Penyiksaan

Dirumah penyiksaan itu ada rekaman yang terus diputar, entah itu rekaman asli atau dibuat berdasarkan ahli sejarah yang pasti bikin gue merinding ngedenger teriakan dan tembakan para PKI. 
Mungkin feel nya bakalan lebih dapet kali yaa kalo keliling situ pas malem-malem dan suasana sepi...


Setelah gue sama monyong keliling-keliling rumah PKI, dapur umum PKI, lubang buaya, monumen pancasila.. Kita lanjut masuk ke Museum Penyiksaan PKI. Jadi disitu cuma ada patung-patung miniatur rekontruksi dari awal munculnya PKI sampe ditumpas habisnya PKI. 
Habis itu lanjut ke baju-baju yang disimpen dan noda darah korban PKI. Agak-agak gimana gitu, ngga bisa dijelasin dengan kata-kata sih. Lu bakalan lebih tau kalo lu pergi sendiri kesana. Pasti ada perasaan ngeri, miris, kagum, takut pokoknya gitu deh :D
Gue ngga berlama-lama disana karena monyong ditelpon bigboss dikasih mandat.. Kesempatan yang gue tunggu-tunggu adalah nonton film singkat dari G30SPKI, kata temen gue sih sedih banget makanya gue pen banget nonton. Eh tapi gue belum dapet kesempatan itu karena kata si mas-masnya harus ada 50orang buat nonton pemutaran film tersebut. Huft, akhirnya jam 1siang kita bergegas pulang deh.. Baru aja keluar gerbang gerimis pun mulai turun alamat bakalan hujan.. Dan jengjeng bener aja hujan.. Padahal tadinya cuaca terang benderang dan panasnya puooolll..
Kita sih mencoba buat menerjang hujan itu, semakin dilawan hujannya makin gede. Kita berteduh dulu akhirnya.. Dan seperti yang biasanya gue alamin, pas gue berteduh hujan malah berhenti. Kita lanjut perjalanan lagi... Cuss dan hujan turun lagiiii -,-
Semakin mencoba melawan hujan, eh hujan yang turun makin ganas. Tetes hujannya tuh yang gede-gede banget gitu yang kalo kena muka tuh kaya ditimpukkin batu -______-
Hujan semakin deras dan jalanan Jakarta pun tergenang air. Uhuy ini dampak dari kurangnya penyerapan di tanah Jakarta T_T 
Akhirnya nyampe cawang kita menyerah karena hampir sekujur badan basah dan kita berteduh karena yang gue khawatirin adalah satu-satunya benda berharga gue.. iyap Handphone (~'.')~
Akhirnya gue pake jas hujan demi melindungi tas yang berisi Hp. Kita langsung cus ke Cikini ke tempat bigboss. Nyampe di sekitar Jakpus tanah kering dan ngga ada tanda-tanda hujan dan cuma gue yang pake jas hujan -_-"
Tibalah di Cikini, monyong menyelesaikan urusan dengan bigbossnya sampe gue ketiduran nungguinnya dengan keadaan dingin gara-gara baju basah kuyup. Sejam lebih gue nungguin dan setelah selesai akhirnya kita gatau muter-muter gajelas. Udah ngga punya tujuan, dan ternyata ngelewatin Taman Ismail Marzuki, gue kepengen banget masuk ke Planetarium. Eh pas gue nanyain buka kaga katanya tutup lagi renovasi. Awal tahun baru buka. Yaaahsyudah dua kali kecewa hari itu, mungkin lain kali lagi :)

Ini kesekian kalinya gue kalo pergi-pergian sama monyong pasti diikutin sama suasana hujan. Entah itu buat memberikan berkah dalam perjalanan kita atau apalah XD

Karena bingung gatau kemana akhirnya makan di plaza, muter-muter dan pulaaaang..

Gue

Monyong






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H