Company Visit

Alhamdulillah minggu ini lancar ngadain company visit #hiphiphoree \(^^)/
Cuma pen share aja nih pengalaman minggu ini, iyaa jadi.. minggu ini kelas PR dua kali company visit gitu.



Directly, hari selasa kemarin gue sama kelasan gue company visit ke TVRI. Yap ini dalam rangka outing class aja sih matkul public speaking sama dasar-dasar komunikasi. That's why TVRI? Kenapa Bu Inna (read.dosen) pilih TVRI buat kita datengin? Karena beliau berfikir kalo TVRI itu lembaga penyiaran pertama di Indonesia, kita bilang TV pertama gitu deh. Dan beliau juga bilang supaya kita tau gimana sejarah awal TVRI berdiri, apalagi dulu kan Indonesia masih dalam keadaan belum betul-betul merdeka yaa. (sekarang juga siih..). Kita berangkat sekitar jam 10 pagi dan ngga lama perjalanan, karena kan emang kampus gue ada di daerah Blok M, dan TVRI sendiri ada di Senayan.
Fiuh, pagi itu gue telat bangun, dan akhirnya gue sama kakak gue ngga ikutan rombongan temen-temen naik taksi. Gue, kakak gue pake motor sama temen-temen yang bawa motor juga. And then, perjalanan hari itu menuju Senayan macet banget, (entah karena gue jarang lewat situ jadi menurut gue yah so crowded ._.) Setelah kita sampai di tempat, kita langsung berbincang-bincang sama Bu Endah selaku manajemen produksi disana. Bu Endah cerita tentang TVRI yang dulunya milik pemerintah dan sekarang jadi Lembaga. Banyak banget pokoknya ilmu tentang broadcasting yang bu Endah sampaikan sama kita karena bu Endah juga bekerja disitu merangkak dari awal. Yang tadinya reporter, pembawa berita sampai beliau juga pernah jadi apa gitu (pendamping or apalah) di acara Presiden. Gue ngga bisa ceritain secara jelas sih. Tapi intinya bu Endah cerita banyak tentang hebatnya orang-orang dibalik layar, yang selama ini kita ngga pernah menyadari pekerjaan mereka. Padahal yah, orang dibalik layar itulah yang ngatur semua jalannya acara di televisi, yang dimana orang-orang itu bisa sampai ngga tidur buat nyari informasi/berita yang bakal ditayangin apalagi posisinya berita itu ada diluar kota dan harus ngambil gambar dan "sigambar" itu belum nyampe buat disiarin ke televisi. Euhh pokonya keren deh, keren banget orang-orang itu. yah walaupun kita tau setiap pekerjaan punya fungsinya masing-masing. Dan orang yang tampil dilayar juga sama pentingnya seperti orang dibelakang layar. Lumayan cukup lama kita dengerin bu Endah dan sampai kita tanya jawab tentang ilmu broadcasting. Setelah itu kita dikasih tau tahap-tahap buat menyampaikan suatu berita itu gimana. Dimulai dari tim redaksi, terus melewati proses editing, editing visual dan audiovisual, dan sampai akhirnya disiarin deh di televisi #jengjeng. TVRI sendiri lebih mengutamakan kepentingan berita yah, ngga seperti tv-tv lain gitu, yang dimana beritanya dicampur aduk sama gosip, atau bahkan memprovokasi penonton. Sedangkan TVRI akan terus mengangkat nilai-nilai berita sesuai ketentuannya. Sambil dikasih tau gimana prosesnya, kita juga diajak keliling-keliling gedung diliatin para divisinya masing-masing sampe liat acara berita langsung nama acaranya "Indonesia Siang" tayang jam 12siang teng. Yah kurang lebih itu yang gue dapet dari Company Visit ke TVRI :)



Well, lanjut ke Company Visit berikutnya. Gue dan kawan-kawan berkunjung ke radio hari ini. Tepatnya radio Delta yang ada diseberang terminal Blok M, saking deketnya dari kampus akhirnya kita jalan kaki kesana (kaya mau demo zzz). Tadinya kita punya dua pilihan, kalo ngga ke Delta ya ke Prambors. Gue berharap banget bisa ke Prambors, tapi pada akhirnya kita dapet undangan dari Delta. Akhirnya dengan perasaan yang "just so so" kita pergi kesana. Atleast ngga nyesel-nyesel banget sih, karena di gedung itu ada tiga radio. Yaitu Delta, Prambors sama Female. Kita janjian kumpul jam 10, setelah nyampe sana kita duduk-duduk nunggu bentar gitu diloby. Dan yang pertama gue liat itu apa yah namanya, jadi gambar khas Prambors gitu. Karena emang wilayah Prambors (tsaaah wilayah zzzz..) ada dilantai 1. Selama nunggu biasa deh kerjaan anak PR ngapain kalo ditempat-tempat baru -_- (iyak betul, foto-foto) kita jepratjepret didepan poster khas Prambors. Cukup lumayan lama deh foto-foto (sambil liat penyiar warawiri ada Nyctagina, Gilang Dirga, Farhan) akhirnya kita dipersilahkan duduk juga (ditempat kaya semacam entah kantin atau apa gitu pokonya banyak bangku-bangku dan meja bundar gitu macem di sevel). Kita disitu disambut Ka Aci, tadi gue lupa dia sebagai apa gitu. Yang pasti dia orangnya cantik, supel, asik deh ngobrol-ngobrol dan dikasih pengenalan tentang Delta fm gitu. Lucunya, pas kita ditanyain tentang Delta kita malah ngga ada yang tau/denger -_- kita malah antusias ngebahas tentang Prambors haha :D (ngga lucu). Hmm kembali ke pembahasan, disitu kita juga kenalan dan ngobrol-ngobrol tanya jawab gitu sama Spv Delta yaitu Ka Andika namanya. Setelah dinilai cukup pengenalan Delta, akhirnya kita dibawa ke lantai dua dimana itu kantornya dan disitu kita ke tempat penyiaran. Ada juga tempat orang yang ngatur jalannya iklan atau semacamnya dan kita juga diajak (lagi) ketempat kreatif atau orang-orang dibalik layar.
Hmm by the way, sepanjang gue cerita gue belum jelasin yah format Delta sendiri itu seperti apa ("._.) jadi.. kita dikasih tau kalo Delta itu awalnya Radio muslim kemudian diganti Radio News dan pada tahun 2011 ganti format lagi jadi Radio musik yang punya slogan "100% lagu enak. Jadi kan kalo kaya acara tivi aja deh ada penggolongan acara sesuai usia (halahhalah apaan coba) iya, kaya ada acara buat anak-anak, semua umur, BO etc. Jadi kenapa Prambors yang jadi idaman gue dan kawan-kawan karena target Prambors sendiri adalah usia 15-20an berapa gitu. Nah kalo Delta sendiri, target buat usia 30berapa sampai 39an (entah bener kaga, gue lupa). Jadi acara Prambors sendiri lebih menarik buat remaja atau mahasiswa semester awal gitu #kataKaAndika.
Tapi.. ada tapinya nih. Lagu-lagu Delta sendiri ngga jauh beda sama Prambors, cuma lebih bercampur aja gitu random. Kan kalo Prambors itu slogannya "Hits Terbaik Dunia" dan muterin lagu-lagu terupdate. Kalo Delta itu lagu lawas ada, lagu jaman sekarang juga ada.
Huft I think it's enough cerita Delta Prambors dan semacamnya yaa. Nah yang pen gue ceritain sih mungkin intinya sama kaya yang di televisi itu. Dunia Broadcasting itu gue rasa asik banget deh uhmmm yah walaupun setiap pekerjaan pasti ada suka dukanya yaa. Dan enaknya yang gue liat kerja di radio itu santai banget, dalam artian berpakaiannya itu ngga formal dan ngga ribet gitu. Yah kita tau sendiri kan kalo radio itu buat pendengar aja, so.. penting sih penampilan tapi bukan jadi prioritas utama kalo kerjanya di radio.. geto..he..
I think so fun for experience. Jadi walaupun gue bukan jurusan broadcasting tapi secara materi dan praktek ada banyak kesamaan sob karena PR kan kerjanya ketemu banyak orang dan harus pinter berkomunikasi. Seru sih kalo emang suatu pekerjaan itu kita lakuin dengan senang hati, sebesar apapun beban jadi anggap aja angin lalu :)

Nanti di postingan berikutnya gue mau share hasil dokumentasi Company Visit ;)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona 11-12-13

Ramadhan 1444H